Senin, 05 Oktober 2015

tablet

  TABLET

            
 
 

 Menurut FI III, tablet adalah sediaan padat mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi. Tablet yang berbentuk kapsul umumnya disebut kaplet.
 
Penggolongan tablet:
Berdasarkan Metode Pembuatan
·       Tablet cetak, dibuat dari bahan obat dan bahan pengisi yang umumnya mengandung laktosa dan serbuk sukrosa dalam berbagai perbandingan.
·       Tablet kempa, dibuat dengan memberikan tekanan tinggi pada serbuk atau granul menggunakan cetakan baja.
·       Tablet triturate, merupakan tablet cetak atau kempa berbentuk kecil, umumnya silindris, digunakan untuk memberikan jumlah terukur yang tepat untuk peracikan obat.
·       Tablet hipodemik, adalah tablet cetak yang dibuat dari bahan yang mudah larut atau melarut sempurna dalam air, harus steril dan dilarutkan lebih dahulu sebelum digunakan untuk injeksi hipodemik.
·       Tablet sublingual, digunakan dengan caara meletakkan tablet di bawah lidah sehingga zat aktif diserap secara langsung melalui mukosa mulut, diberikan secara oral atau jika diperlukan ketersediaan obat yang cepat seperti tablet nitrogliserin.
·       Tablet bukal, digunakan dengan cara meletakkan tablet di antara gigi dan gusi, sehingga zat aktif diserap langsung melalui mukosa mulut.
·       Tablet efervesen, dibuat dengan cara dikempa. Selain zat aktif, tablet mengandung campuran asam (asam sitrat, asam tartrat) dan natrium bikarbonat, yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan karbon dioksida.
·       Tablet kunyah, dimaksudkan untuk dikunyah, meninggalkan residu dengan rasa enak dalam rongga mulut, khususnya diformulasikan untuk anak-anak, obat antasida, multivitamin, dan antibiotic tertentu.
 
Berdasarkan Distribusi Obat dalam Tubuh
 
·       Bekerja lokal, misalnya tablet isap untuk pengobatan pada rongga mulut; ovula untuk pengobatan pada infeksi di vagina.
 
·       Bekerja sistemik, dapat dibedakan menjadi:
a.     Yang bekerja short-acting (jangka pendek); dalam satu hari memerllukan beberapa kali meminum tablet.
b.     Yang bekerja long-acting (jangka panjang); dalam satu hari cukup menelan satu tablet. Tablet jangka panjang dapat dibedakan lagi menjadi:
 
-        Delayed action tablet (DAT), dalam tablet ini terjadi penundaan pelepasan zat berkhasiat karena pembuatannya dengan menggelompokkan granul-granul zat berkhasiat, dan setiap kelompok disalut dengan penyalut yang berbeda-beda waktu hancurnya, lalu dicampurkan dan baru dicetak.
-        Repeat action tablet (RAT), granul-granul yang paling lama pecahnya dibuat menjadi tablet inti, lalu granul-granul yang kurang lama pecahnya dibuat lagi disekelilingnya menjadi susunan tablet baru.
 
Berdasarkan Jenis Bahan Penyalut
 
·       Tablet salut biasa/ salut gula (dragee), disalut oleh gula dari suspense air yang mengandung serbuk tidak larut.
·       Tablet salut selaput (film-coated tablet, fct), disalut dengan hidroksipropilmetilselulosa, metilselulosa, hidroksipropilselulosa, Na-CMC, dan campuran selulosa asetat ftalat dengan PEG yang tidak mengandung air atau mengandung air.
·       Tablet salut kempa, adalah tablet yang disalut secara kempa cetak dengan massa granulat yang terdiri atas laktosa, kalsium fosfat, dan zat lain yang cocok.
·       Tablet salut enteric (enteric-coated tablet), atau tablet lepas tunda, yakni jika obat dapat rusak atau menjadi tidak aktif akibat cairan lambung atau dapat mengiritasi mukosa lambung, maka diperlukan penyalut enteric yang bertujuan untuk menunda pelepasan obat sampai tablet melewati lambung.
·       Tablet lepas lambat (sustained-release tablet), atau tablet dengan efek diperpanjang, yang dibuat sedemikian rupa sehingga zat aktif akan tetap tersedia selama jangka waktu tertentu setelah obat diberikan.
Berdasarkan Cara Pemakaian
 
·       Tablet biasa/tablet telan, dibuat tanpa penyalut, digunakan per oral dengan cara ditelan, pecah di lambung
·       Tablet isap (lozenges, trochisi, pastilles), adalah sediaan padat yang mengandung satu atau lebih bahan obat, umumnya dengan bahan dasar beraroma dan manis, yang dapat membuat tablet hancur atau melarut perlahan .
·       Tablet implant (pelet), tablet kecil, bulat atau oval putih, steril, dan berisi hormone steroid, dimasukkan ke bawah kulit dengan cara merobek kulit sedikit, kemudian tablet dimasukkan, kemudian kulit dijahit kembali, zat berkhasiat akan dilepas secara perlahan-lahan.
·       Tablet kunyah (chewable tablet)
·       Tablet larut (effervescent tablet)
·       Tablet bukal (buccal tablet)
·       Tablet sublingual
·       Tablet vagina (ovula)
·       Tablet hipodermik (hypodermic tablet)
 
Keuntungan sediaan tablet:
-        Lebih stabil
-        Dapat disimpan dalam waktu yang lama, asalkan tidak disimpan ditempat lembab dan basah
-        Dapat dibuat seperti permen
 
Kerugian sediaan tablet:
-        Rasa pahit tidak sempurna tertutupi
-        Pada tablet salut gula, penyalutan memerlukan waktu yang lama dan perlu penyalut yang tahan air, serta dapat memperbesar bobot tablet.
-        Proses pembuatan yang cukup panjang dan sulit.
 
Ada pun macam-macam kerusakan pada pembuatan tablet, diantaranya:
1.     Binding, kerusakan pada tablet akibat massa yang akan dicetak melekat pada dinding ruang cetakan
2.     Sticking/picking, perlekatan yang terjadi pada punch atas dan bawah akibat permukaan punch tidak licin, ada lemak pada pencetak, zat pelican kurang, atau massa basah
3.     Whiskering, terjadi karena pencetak tidak pas dengan ruang cetakan atau terjadi pelelehan zat aktif pada tekanan tinggi, akibatnya pada penyimpanan dalam botol, sisi-sisi yang berlebih akan lepas dan menghasilkan bubuk
4.     Splitting, lepasnya lapisan tipis dari permukaan tablet terutama pada bagian tengah
5.     Capping, membelahnya tablet di bagian atas
6.     Mottling, terjadi karena zat warna tersebar tidak merata pada permukaan tablet
7.     Crumbling, tablet menjadi retak dan rapuh.

 

 

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih banyak, sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

Lydduii

Unknown mengatakan...

Fuck

Unknown mengatakan...

Fuck you crazy..

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates